Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) didirikan tahun 2006 adalah  lembaga nirlaba yang bekerja mengembangkan profesionalisme media dan mendorong partisipasi warga mewujudkan masyarakat yang maju, inklusif dan demokratis dengan mengembangkan akses informasi berkualitas di Indonesia dan wilayah Asia.

Untuk mendukung program Democratic Resilience yang fokus pada peningkatan kapasitas jurnalis warga dan media dalam mengembangkan informasi berkualitas, PPMN membutuhkan Field Coordinator untuk ditempatkan di Aceh, Yogyakarta, dan Maluku, periode 15 bulan dengan ketentuan sebagai berikut:

Scope of Work           : Field Coordinator – Program Democratic Resilience

Lokasi                         : Wilayah kerja Field Coordinator ada di Aceh, Yogyakarta, & Maluku

Periode Kerja             : Juli  2021 – Agustus 2022 (15 bulan)

 

Ringkasan Program:

Program Democratic Resilience yang fokus pada pembangunan dan penguatan kapasitas jurnalis warga serta kampanye melawan disinformasi akan dilakukan di empat wilayah yang menjadi wilayah kerja The Asia Foundation, yakni Aceh, Jakarta, Yogyakarta, dan Maluku. Keempat wilayah tersebut penting karena sejumlah survei menunjukkan bahwa beberapa wilayah tersebut masuk dalam dalam daftar salah satu provinsi dengan penyebaran berita bohong tertinggi.

Mitra untuk program ini adalah, (1) GeRAK Aceh, organisasi nirlaba yang bergerak dalam advokasi antikorupsi, (2) Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKiS) di Yogyakarta, yayasan yang bergerak dalam isu perdamaian, keberagaman, kesetaraan gender, dan pemenuhan hak-hak dasar, (3) Yayasan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (YPPM) di Maluku, lembaga yang bergerak pada isu demokrasi dan hak azasi manusia, dan (4) Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) yang bergerak dalam isu advokasi kemiskinan.

 

TUGAS & TANGGUNG JAWAB:

  1. Melaksanakan rumusan strategi program yang telah dibuat untuk setiap proyek kegiatan.
  2. Memastikan semua aktivitas program berjalan sesuai workplan mitra.
  3. Berkoordinasi dengan mitra untuk mencari peserta dan menyebarkan informasi terkait kegiatan PPMN dalam Program Democratic Resilience
  4. Memfasilitasi kebutuhan mitra daerah untuk berjejaring dengan jurnalis lokal, media lokal, dan dan CSO.
  5. Memastikan terbentuknya kanal Jurnalis Warga pada website masing-masing mitra.
  6. Bertanggung jawab terhadap konten dari Jurnalis Warga atau dari Koordinator Jurnalis Warga dan memasukan ke kanal Jurnalis Warga mitra.
  7. Melaksanakan koordinasi secara periodik dengan Koordinator Jurnalis Warga dan Jurnalis Warga terkait implementasi program PPMN.
  8. Berkoordinasi dengan Koordinator Jurnalis Warga di daerah untuk implementasikan aktivitas mitra dan mendampingi Jurnalis Warga.
  9. Menjalankan proses monitoring dan membuat laporan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.
  10. Bertanggung jawab terhadap Program Officer dan Program Manager PPMN

 

KUALIFIKASI:

  1. Berdomisili sesuai dengan wilayah kerja program (Aceh, Yogyakarta, dan Maluku).
  2. Pendidikan minimal S1, lebih diutamakan dari ilmu komunikasi, jurnalistik, politik, sosiologi, hubungan internasional, hukum, manajemen, atau bidang terkait lainnya.
  3. Berpengalaman kerja di bidang pengelolaan dan pelaksanaan program minimal 2 (dua) tahun.
  4. Tertarik dengan isu media dan jurnalistik.
  5. Memiliki latar belakang jurnalisme yang kuat.
  6. Memahami media dan jurnalisme warga.
  7. Berpengalaman mendampingi masyarakat atau Jurnalis Warga.
  8. Berpengalaman bekerjasama dengan CSO.
  9. Mampu bekerja dalam tenggat waktu.
  10. Berkemampuan menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan pekerjaan, bekerja dalam tim dan hubungan interpersonal yang baik.
  11. Berintegritas dan menjunjung tinggi profesionalitas.
  12. Terampil menggunakan program Microsoft Office (MS Word, Excel, Power Point), dan Internet.

 

Kirimkan lamaran dan CV melalui e-mail ke [email protected], cc [email protected] dengan subject email : Vacancy for Field Coordinator_Wilayah Kerja, dikirim paling lambat 13 Juni 2021.  Hanya kandidat yang masuk seleksi akhir akan dihubungi untuk wawancara.

Share:

Leave a Reply