Medan, IDN Times – Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut bersama Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) menggelar workshop bertema Pemberitaan Perempuan dan HIV/AIDS di Grha XL, Jalan Pangeran Diponegoro no. 5 Medan, Kamis (23/1).

Penguatan kapasitas jurnalis dalam memberitakan kasus perempuan khususnya ibu rumah tangga terpapar HIV, menjadi sub tema dalam acara ini. Hal ini karena masih banyak berita tentang HIV/AIDS di media yang mengandung stigma negatifpada perempuan. Juga kasus ibu rumah tangga yang terdampak HIV/AIDS semakin meningkat, sementara penanganannya belum menyentuh langsung akar permasalahannya.

Acara ini merupakan program dari PPMN (Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara) yaitu Citradaya Nita 2019, tema Leadership fellows for Female Journalist, yang diikuti oleh Khairiah Lubis, Sekjen FJPI.

Citradaya Nita adalah Program Pemberdayaan Komunitas Perempuan dari PPMN. Peserta workshop terdiri dari anggota FJPI yang bekerjasama dengan XL Axiata.

Horas Lubis, Head of Sales Greater Medan sebagai perwakilan dari XL Axiata Medan turut hadir untuk mengapresiasi acara yang dilakukan oleh FJPI. “Bisa menjadi bahan jurnalistik, dan bagaimana pencegahan HIV ini, dengan adanya workshop semoga bisa lebih baik,” ucap Horas.

Dalam acara tersebut 5 narasumber menjadi pemateri, yakni Khairiah Lubis sebagai Jurnalis Daai TV/ Sekjen FJPI, Dr. Yulia Maryani M Kes, perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, Lely Zailani aktivis Hapsari, Syaiful W Harahap dari Pemerhati HIV/Aids, dan AF (inisial) sebagai Pendamping Sebaya.

Share: