Pendaftaran Hibah Liputan JARING Aman 2023

Pada 2022 lalu, rangking Indonesia di Indeks Kebebasan Pers (IKP) Dunia merosot ke peringkat 113 dari 180 negara. Penurunan ini menjadi indikator berbahaya bagi jurnalis dan media terutama ketika menghadapi tantangan yang cukup berat di tahun politik menjelang pemilu serentak 2024.

Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) sebagai bagian dari konsorsium Jurnalisme Aman bersama Yayasan TIFA dan Human Right Watch Group (HRWG) melihat perlu adanya upaya lebih keras dalam menyuarakan perlindungan terhadap jurnalisme. Kasus-kasus serangan dan ancaman terhadap jurnalis, baik yang terjadi di ranah fisik maupun digital harus ditindaklanjuti secara lebih serius. Bukan hanya dalam aspek legal atau
hukum namun juga penyadaran publik melalui pemuatan cerita-cerita menarik tentang upaya ‘pembunuhan’ terhadap jurnalisme.

Pada periode pertama Jurnalisme Aman, PPMN bersama Jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigasi (JARING) mendorong munculnya karya jurnalistik dengan pendekatan liputan mendalam dan interaktif yang memuat cerita tentang serangan terhadap jurnalis dan pers, upaya perlindungan pers oleh media dan aktivis, atau cerita lain yang berkaitan dengan kebebasan pers.

 

Lima karya jurnalistik yang dikerjakan secara mendalam dan kolaboratif berhasil dihasilkan selama periode pertama. Upaya tersebut akan dilanjutkan pada periode kedua dengan menargetkan lima karya yang akan terbit secara berseri sepanjang 2023. Melalui karya-karya itu, publik akan tahu bahwa jurnalisme, pers, dan demokrasi saat ini sedang tidak baik-baik saja.


Konten bermutu yang berisi persoalan keamanan jurnalis dan kebebasan pers secara tidak langsung akan meningkatkan kesadaran publik. Atau bahkan pemangku kebijakan agar lebih serius dalam menangani kasus ancaman dan kekerasan terhadap jurnalis dan pers.

 

PPMN dan JARING mendorong jurnalis dan pegiat media di Indonesia untuk berkolaborasi dalam memproduksi konten-konten bermutu semacam ini. Kolaborasi menjadi penting karena dalam keadaan penuh risiko dan ancaman, jurnalis dan media tidak lagi bisa bekerja sendiri.

Konten atau hasil liputan kolaborasi akan diterbitkan dalam platform multimedia yang dapat diakses publik dengan bebas. JARING.id sebagai salah satu media non profit akan memfasilitasi penerbitan konten-konten tersebut apabila media tempat jurnalis yang berkolaborasi tidak memiliki fitur pendukung multimedia. 

Informasi dan Syarat Pendaftaran

1. Total pendanaan setiap tim maksimal 28 juta rupiah.

2. Hibah ini terbuka bagi seluruh jurnalis di Indonesia yang dapat menyusun tim kolaborasi sesuai dengan kebutuhan topik liputan. Tim kolaborasi terdiri dari minimal dua media berbeda dan diutamakan berasal dari kota yang berbeda.

3. Waktu liputan Februari – April 2023.

Topik dan tema peliputan

Setiap kandidat tim penerima hibah liputan kolaborasi boleh mengusulkan maksimal tiga topik yang berbeda. Kami memberikan kebebasan pada tim untuk memilih topik ceritanya masing-masing. Namun untuk memudahkan pemilihan topik, PPMN merekomendasikan beberapa tema yang bisa menjadi acuan. Tema ini berdasarkan riset dan dokumen advokasi HRWG dan Yayasan TIFA:

 

  1. Jurnalis dan ancaman UU ITE dan KUHP.
  2. Praktik doxing dan persekusi terhadap pekerja media.
  3. Peretasan dan pengambilalihan aset digital dan siber.
  4. Kekerasan aparat keamanan terhadap pekerja media.
  5. Pelecehan seksual dan kekerasan terhadap jurnalis perempuan.
  6. Ancaman terhadap pers mahasiswa, konten creator, dan jurnalis warga.
  7. Perlindungan terhadap kerja-kerja jurnalistik.
Output kegiatan
  1. Lima karya jurnalistik yang dapat diakses publik secara interaktif dan berseri
    mengenai cerita kekerasan terhadap jurnalis, perlindungan terhadap jurnalis, dan
    cerita lain yang berkaitan dengan kebebasan pers.
  2. Lima liputan kolaborasi yang dikerjakan oleh media, jurnalis, dan lembaga riset, nonprofit, atau komunitas teknologi dan digital, sebagai upaya peningkatan kesadaran publik akan kebebasan pers dan perlindungan terhadap jurnalis.

Tertarik untuk mendaftar?

Daftarkan diri kamu di https://s.id/HibahLiputanJARINGAman2023  paling lambat Rabu, 15 Februari 2023. Hanya kandidat yang masuk seleksi akhir akan dihubungi lebih lanjut.

 

Jika ada hal yang perlu ditanyakan atau dukungan lain yang dibutuhkan, silakan hubungi melalui e-mail ke info@ppmn.or.id cc: nana@ppmn.or.id dengan subject email: Pendaftaran Hibah Liputan Kolaborasi – JARING Aman.