Festival Antihoaks: Warga Lawan Disinformasi!

Sejumlah upaya untuk melawan disinformasi telah dilakukan oleh berbagai pihak dengan ragam cara, mulai dari meningkatkan kapasitas media dan jurnalis dalam mendeteksi hoaks  hingga memberdayakan warga masyarakat melalui praktik jurnalisme warga maupun literasi media. Namun, banjir hoaks dan disinformasi semakin tidak terbendung, dan dikhawatirkan akan semakin meningkat menjelang momentum politik 2024 mendatang. 

Di bawah program Democratic Resilience yang didukung oleh The Asia Foundation, PPMN telah membangun kerja sama dengan mitra di Aceh (GeRAK Aceh), di Maluku (Yayasan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat /YPPM), di Yogyakarta (Lembaga Kajian Islam dan Sosial/LKiS), dan di Jakarta (Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia /SPRI) dalam peningkatan kapasitas jurnalis warga. 

PPMN memandang penting untuk memperluas level kesadaran masyarakat, bukan hanya di keempat wilayah tersebut, namun juga di tingkat nasional. Oleh sebab itu pelibatan lebih banyak pihak, diantaranya para pegiat media sosial dan kalangan pers mahasiswa menjadi penting, mengingat peran mereka dalam memengaruhi opini di media sosial, maupun di kalangan anak muda, di kampus. 

Oleh karena itu, PPMN akan mengadakan Festival Antihoaks dengan tema “Warga Lawan Disinformasi”, yang menjadi ruang pertemuan untuk mendiskusikan isu regresi demokrasi dan disinformasi menjelang pemilu 2024.

 

Diharapkan, dari ruang-ruang pertemuan ini akan terjadi peningkatan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya meningkatkan ketahanan demokrasi, akan terjadi pertukaran pengetahuan dan pembelajaran dalam melawan hoaks dari masyarakat sipil, akademisi, aktivis, jurnalis, dan pegiat media sosial.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Festival Antihoaks akan diselenggarakan secara luring pada: 

Tanggal/Hari :  Jumat, 10 Februari 2022

Waktu : 13.30 – 20.00 WIB

Lokasi : GoetheHaus, Jl. Dr. GSSJ Ratulangi No.9, RT.2/RW.3, Menteng, Jakarta 

Rangkaian Acara

Mini Workshop “Lawan Hoaks dengan Fact-Checking”

Workshop  ini diselenggarakan dengan target 25 peserta yang terdiri dari aktivis CSO, blogger, mahasiswa, aktivis pers mahasiswa, dan aktivis media sosial. Hal yang akan dilatihkan adalah keterampilan teknis melawan hoaks (verifikasi foto dan video).

 

Trainer: Heru “Embong” Margianto (Managing Editor Kompas.com)

Daftar melalui https://bit.ly/MiniWorkshop_FestivalAntihoaks2023

 

Focus Group Discussion “Merawat Demokrasi, Melawan Disinformasi”

Peserta untuk FGD ini adalah perwakilan mitra lokal program Demres dan The Asia Foundation. Forum ini akan fokus untuk sharing knowledge melawan disinformasi dan merancang strategi untuk meningkatkan kualitas demokrasi menjelang tahun politik di 2024.

 

Fasilitator: Lilik HS (Program Manager PPMN)

Diskusi Publik “Demokrasi di  Bawah Ancaman: Disinformasi Jelang Pemilu”

Diskusi ini akan membahas regresi demokrasi, hoaks, dan upaya masyarakat sipil untuk meningkatkan ketahanan demokrasi menjelang pemilu 2024. 

 

Narasumber:

  • Edward Aspinall (Australian National University)
  • Usman Hamid (Amnesty Indonesia)
  • Kalis Mardiasih (Pegiat Literasi Digital)
  • Fransisca R. Susanti (Deputi Direktur Program PPMN)

 

Moderator: Sally Piri – Unlocking (Leader Talks) Podcast

 

Diskusi ini juga akan memberi ruang perwakilan mitra lokal dari Aceh, Yogyakarta, Jakarta, dan Maluku untuk sharing upaya yang telah mereka lakukan dalam meningkatkan kualitas demokrasi dan melawan hoaks di wilayah masing-masing. 

Pameran Karya “Warga Lawan Hoaks”

Pameran ini akan menampilkan karya-karya terpilih dari jurnalis warga yang telah PPMN dampingi di Jakarta, Maluku, Yogyakarta, dan Aceh, karya peserta Kompetisi Antihoaks, dan hasil liputan kolaborasi yang dilakukan oleh 5 media. 

 

Selain dipamerkan secara langsung, seluruh karya juga akan kami tampilkan di microsite supaya semakin banyak orang yang dapat menikmatinya.

Pertunjukan Musik “Seni Merawat Demokrasi”

Pertunjukan musik berdurasi 30 – 45 menit ini akan menghadirkan musisi yang banyak mengangkat isu sosial, seperti agama, anak muda, dan politik.

Tertarik untuk hadir? Daftarkan diri Anda melalui https://bit.ly/FestivalAntihoaks2023