Seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat turut memengaruhi perkembangan dunia jurnalistik. Media massa saat ini tidak hanya bergantung pada satu tapi banyak (multi) platform. Salah satu platform yang saat ini tengah tren adalah aplikasi media sosial TikTok.

Aplikasi TikTok resmi dirilis pada September 2016 dan mulai populer di Indonesia pada September 2017. Sampai saat ini menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak. Tidak hanya di Indonesia, tren TikTok juga bergema di luar negeri. TikTok menjadi sara berekspresi dan berkreasi sesuai dengan keinginan masing-masing. Kontennya pun sangat beragam, mulai dari dance, curhat, drama, tutorial hingga berita.

Untuk konten terakhir, yakni berita mulai banyak media massa yang memanfaatkan aplikasi TikTok sebagai sarana menyampaikan informasi. Salah satunya ialah KompasTV yang melakukan jurnalisme online dengan akun TikTok @kompastvnews. KompasTV sendiri memang aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, YouTube dan terbaru, TikTok.

Adapun konten KompasTV pada TikTok berisi berita dengan durasi pendek. Berita seputar politik, ekonomi, hiburan, teknologi dan lainnya disajikan. Hadirnya media massa di aplikasi TikTok membuat platform ini tidak hanya untuk hiburan semata, tapi juga alat untuk jurnalistik. Hadirnya KompasTV memanfaatkan TikTok juga untuk bersinergi dengan generasi milenial dan Z.

Media lain yang juga memanfaatkan TikTok ialah Urbanesia. Tidak hanya membagikan link yang terhubung ke website, tetapi konten dibuat secara serius agar pengguna TikTok mendapatkan berita yang informatif dan menghibur. 

Salah satu contohnya ialah berita mengenai bioskop di Jakarta sudah dibuka. Urbanesia mengemas data informasi ini dengan gaya yang unik dan menarik. Menampilkan video dua orang yang sedang mengobrol dengan informasi bioskop-bioskop mana saja yang sudah dibuka dan diakhiri dengan menaati protokol kesehatan.

Dari video tersebut bisa dikatakan bahwa jurnalisme online kini memiliki banyak wujud. Tidak hanya website berisi artikel-artikel tapi juga video melalui berbagai platform. Banyak media sosial yang bisa digunakan untuk mengelola pesan informasi dengan kreasi sehingga menghasilkan konten yang menarik.

Platform TikTok memang tergolong baru untuk dunia jurnalisme. Namun ini menjadi tantangan untuk media bagaimana bisa mengemas informasi atau berita yang menarik. Sehingga generasi milineal dan Z masih tertarik untuk menambah pengetahuan melalui berita-berita sosial, politik, hukum dan lain sebagainya dari platform TikTok tersebut.

 

Sumber :

http://newslab.uajy.ac.id/2020/10/26/jurnalisme-online-melalui-akun-tiktok-kompastv/

https://www.kompasiana.com/vanvanessa/5f95946b8ede481bee2aa212/jurnalisme-online-kini-berkembang-di-tiktok?page=all 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *