Image default
Kegiatan PPMN

PENGUMUMAN TENDER DIPERPANJANG – Pembangunan Platform Data Pemilu

Request for Interest / Quotation

Application deadline: 12 Oktober 2019

Place of work: Jakarta

 

Permasalahan

Institusi pemerintah, organisasi swasta, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat semakin getol merilis berbagai data terbuka beberapa tahun belakangan. Namun, penggunaannya oleh jurnalis masih minim lantaran beberapa faktor penghambat.

Pertama, minimnya pengetahuan soal data terbuka dan potensi penggunaannya. Untuk merespons hal ini Jaringan Indonesia untuk Jurnalisme Investigasi telah melakukan berbagai pelatihan tiga tahun belakangan.

Kedua, ketersebaran data. Jurnalis acapkali tak menyadari keberadaan data terbuka lantaran keberadaanya yang tersebar di berbagai situs. Ketersebaran juga membuat jurnalis menghabiskan banyak waktu untuk berpindah dari satu situs ke situs lainnya ketika mengerjakan produk jurnalistik. Di tengah sempitnya tengat penulisan, hal tersebut menghambat usaha untuk memperdalam karya dengan analisis data.

Ketiga, ketidaklengkapan data. Penggunaan data dalam proses jurnalistik juga dipersulit dengan ketersediaan data yang lengkap. Lembaga pemerintah acapkali menghapus data yang terikat dengan kerangka waktu tertentu. Sebagai contoh adalah data hasil pemilihan umum di Indonesia yang tak lagi bisa diakses setelah pemilu selesai.

Keempat, format data. Data yang tersedia kerapkali memiliki format html, pdf, atau format lainnya yang menyulitkan analisis data lebih lanjut. Input data secara manual dan mengubahnya menjadi format yang lebih ramah seperti xlsx, csv, ataupun json harus dilakukan. Namun, sangat sedikit jurnalis yang mau dan mampu melakukan hal tersebut.

Berbagai hambatan di atas membuat pengunaan data terbuka oleh jurnalis tidak berjalan maksimal. Padahal iklim penggunaan data untuk transparansi pemerintahan dan pengawasan kepentingan publik harus terus dikembangkan. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk menghasilkan demokrasi yang sehat. 

 

Hasil Pekerjaan

Berdasarkan kondisi di atas kami bermaksud untuk membuat sebuah portal data mengenai pemilu dan politik yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Bisa diakses secara terbuka dan mudah digunakan.
  2. Menyatukan berbagai data mengenai pemilu dan politik yang terserak di berbagai situs.
  3. Menyimpan data-data tersebut dalam jangka waktu yang lama.
  4. Menyimpan data dalam format yang mudah digunakan kembali untuk analisis lebih lanjut.

Hasil yang diharapkan dari pekerjaan ini adalah:

  • Platform data pemilu sesuai spesifikasi terlampir
  • Progress reports
  • Technical documents
  • User guide
  • Administrator guide
  • 2 tahun maintenance

 

Durasi Pekerjaan

Pekerjaan pengembangan portal data akan dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan dan dibagi dalam dua tahap yakni

  1. Pembuatan laman muka dan fitur-fitur dasar. Tahap ini bakal berlangsung hingga pertengahan November 2019.
  2. Pengembangan portal data sesuai dengan kebutuhan data regional (Asia Tenggara) yang akan berakhir April 2020.

Adapun maintenance bakal berlangsung dalam jangka waktu 2 tahun hingga 2021. Perjanjian pemeliharaan dapat diakhiri sesuai kesepakatan kedua pihak, atau diganti dengan dengan perjanjian baru untuk pekerjaan lanjutan atau pengembangan versi mayor berikutnya. 

 

Spesifikasi Portal Data Pemilu

Selain laman muka, secara umum, bagian awal pengembangan portal data terdiri dari dua bagian besar yakni:

  1. Data. Bagian ini berisikan data mentah dan atau data yang ditampilkan dalam bentuk relasional. Tampilan bisa merujuk pada laman https://data.go.id/dataset . Begitu pula halnya dengan elemen-elemen yang harus ada seperti:
  2. Judul data
  3. Sumber data
  4. Tanggal update data
  5. Format data
  6. Daftar tagging data
  7. Unduh data

Adapun untuk data yang ditampilkan dalam bentuk relasional bisa merujuk pada laman https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/09/berapa-dana-insentif-daerahdid-yang-dikucurkan-pemerintah-di-2018

  1. Konten. Bagian ini berisikan cerita mengenai data. Selain berisikan tulisan, terdapat grafik interaktif sebagai pelengkap.

  

Halaman Admin

Pada halaman admin pengembangan awal, pengelola dapat mengatur beberapa hal berikut ini:

  • Edit tautan RSS yang menjadi sumber berita, video, profil, panduan, modul, disclaimer, dll
  • paket
  • Review dan accept feedback pengguna
  • Dashboard user: profil (nama lengkap, gender, email, lokasi), ganti password, daftar feedback
  • Menambahkan data baru dalam format pdf, xlx, csv, dan json, untuk halaman data. Data ini merupakan data mentah yang bisa diunduh oleh user. Sebagai contoh lihat https://data.go.id/dataset
  • Menginput konten baik yang berbentuk tulisan, foto, video, dan melakukan embed dari beberapa situs seperti flourish.net.

 

Fitur Dasar

  • sitemap
  • search  untuk mencari dataset maupun konten berdasarkan judul dan tagging
  • mobile responsive
  • social media integration
  • analytic
  • mampu menampilkan grafik interaktif dari software seperti tableau dan flourish.
  • memiliki fitur download data (xlsx, csv, pdf, dan png)

 

Kontak

Pengembang yang berminat dapat mengirim concept note dan proposal anggaran ke email: info@ppmn.or.id atau vicharius@ppmn.or.id sebelum tanggal 12 Oktober 2019 dengan judul email “Platform Data Pemilu” dan dilengkapi Curriculum Vitae ketua tim pengembang, portfolio tim pengembang.

Calon-calon pengembang terpilih akan diundang oleh PPMN pada pekan ketiga bulan Oktober 2019 untuk menyampaikan presentasi atas konsep yang ditawarkan berikut proposal pengembangan yang lebih rinci.

 

Tentang RESPECT

Pengembangan portal data Pemilu ini merupakan bagian dari kerja kolaboratif PPMN dan Perludem yang tergabung dalam program lima tahun (2018-2023) The Asia-Pacific Regional Support for Elections and Political Transitions (RESPECT) yang didukung USAID. 

RESPECT berfokus pada peningkatan integritas dan keadilan dalam proses Pemilu dan demokrasi di kawasan Asia Pasifik. Tujuan spesifiknya yakni membentuk lingkungan pendukung yang baik untuk tata kelola Pemilu dan proses politik, peningkatan partisipasi warga dalam pemilihan dan proses politik, serta pengamatan Pemilu yang efektif dan pengawasan proses pemilihan.

Artikel Terkait

Menjaga Kemerdekaan Pers dengan Bisnis yang Sehat

admin

CALL FOR APPLICATIONS – Fellowship for South East Asian Journalist

admin

Tinggalkan Komentar

X