Pelatihan Liputan Media Mendalam tentang HAM Kaum Marjinal : Kekerasan terhadap Perempuan lewat Siber

kekerasan-perempuan-siberLatar Belakang

Perempuan di Indonesia masih rentan menjadi korban kekerasan. Data Komnas Perempuan 2016 terdapat 16.217 kasus yang berhasil didokumentasikan di 34 provinsi. Kekerasan terhadap perempuan yang paling menonjol adalah kekerasan terjadi di ranah personal, meningkat 5.002 kasus dibanding tahun 2015, yakni 11.207 kasus. Sementara di ranah komunitas, terdapat 1.657 kasus di antaranya jenis kekerasan seksual. Tema kekerasan kekerasan seksual juga meningkat, yakni pekerja seks online, mucikari, selebriti pekerja seks, cyber crime, biro jodoh yang dinilai berkedok syariah, dan penyedia layanan perkawinan siri.

Tingginya angka kekerasan terhadap perempuan itu juga mendapat perhatian Presiden Joko Widodo. Dalam cuitan twitternya saat memperingati Hari  Perempuan Internasional 8 Maret lalu, @jokowi menyampaikan pesan : "Selamat Hari Perempuan Sedunia. Hentikan diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan –Jkw."

Upaya menyampaikan pesan anti kekerasan terhadap perempuan sedikit banyak dipengaruhi oleh pemberitaan media. Media massa merupakan wadah untuk mentransformasi ide dan pengetahuan, namun terkadang ide dan pengetahuan yang disampaikan justru mengandung muatan streotipe terhadap perempuan.

Pelatihan Liputan Lintas Perbatasan Asia Calling

Program berita radio mingguan Asia Calling kembali menyelenggarakan pelatihan untuk para jurnalisnya dengan tema “Liputan Lintas Perbatasan (cross border reporting)”. Pelatihan yang diselenggarakan selama 4 hari di Jakarta pada tanggal 17-20 Oktober 2015 ini bertujuan meningkatkan kemampuan para koresponden Asia Calling dalam hal pembuatan liputan masalah lintas perbatasan untuk multimedia (cetak, radio, televisi dan online).

Delapan orang koresponden Asia Calling dari Nepal, Pakistan, Vietnam, Myanmar, Thailand, Australia, India dan Indonesia mengikuti pelatihan ini. Setiap koresponden berpasangan dan bekerja bersama untuk mengerjakan liputan lintas perbatasan dengan tema mulai dari migrasi hingga keamanan pangan dan masalah perbatasan antarnegara hingga budaya.

Pelatihan Investigasi berbasiskan Open Data tentang Pilkada 2015

JARINGLatar Belakang

Indonesia sudah memiliki UU Keterbukaan Informasi Publik (UU no.14/2008) sejak beberapa tahun lalu, namun para jurnalis jarang memanfaatkan keterbukaan informasi publik ini dalam peliputannya. Kehadiran UU ini sendiri sebenarnya merupakan bagian dari upaya untuk membuat pemerintahan menjadi lebih transparan, akuntabel, mengikis penyakit korupsi, dan masyarakat (juga media) pun dapat turut mengawasi jalannya pemerintahan.

Di sisi lain, pemerintah Indonesia dan berbagai jajaran pemerintah daerah juga belum mengimplementasikan UU ini secara menyeluruh terkait dengan penyediaan informasi yang harusnya dapat diakses publik secara terbuka, serta di sana-sini sebagian anggota pemerintahan masih merasa banyak informasi adalah sesuatu yang harus dirahasiakan dari sorotan publik.

Namun disayangkan bahwa banyak jurnalis hari ini belum mengenal adanya UU ini, dan belum mengetahui apa manfaat yang bisa didapat ketika jurnalis mempergunakan UU ini untuk kepentingan peliputannya. Sementara itu data yang sejauh ini tersedia merupakan suatu tambang tersembunyi yang belum sempat digali secara maksimal oleh para jurnalis. Jurnalis perlu menggali tambang informasi ini sebagai bagian dari pelayanan yang ia lakukan kepada publik lewat peliputan yang jurnalis lakukan.

Memperkuat Kemampuan Jurnalistik Anda

DAFTAR SEKARANG. TERSEDIA BEASISWA!

Ikuti pelatihan online “Memperkuat Karya Jurnalistik Dengan Penggunaan Data di Era Digital”

Diselenggarakan oleh e_ppmn Indonesia’s First Online Journalism Training bekerjasama dengan Poynter.

SEKILAS PELATIHAN

‘Memperkuat Karya Jurnalistik Dengan Penggunaan Data di Era Digital’ adalah kelas online interactive 10 pekan dengan pengajar utama dan para pengajar ahli di bidangnya. Pelatihan ini bertujuan untuk mempertajam keterampilan jurnalisme termasuk teknis penulisan, penggunaan data dan statistik, proses pengambilan keputusan menyangkut etika jurnalistik, mengecek kebenaran kabar dan fakta secara jujur dan memberitakannya dalam berbagai jenis format media.

Seluruh pelatihan dilakukan dalam Bahasa Indonesia. Setiap peserta yang dinyatakan lulus akan menerima sertifikat dari e_ppmn dan Poynter.

SEKILAS PROGRAM

e_ppmn Indonesia’s First Online Journalism Training adalah kegiatan terbaru Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN). Sebuah terobosan baru memanfaatkan teknologi baru untuk meningkatkan ketrampilan dan profesionalisme jurnalis di Indonesia. Program ini mengadaptasi system pendidikan interaktif online Poynter News University (www.newsu.org), St. Petersburg, Amerika Serikat dan didukung oleh European Journalism Center - EJC (www.ejc.nl)

Artikel Selanjutnya...

Halaman 1 dari 2

Buku & Bulletin

10 Langkah Peliputan Investigatif
Book
Authors: Lucinda S FleesonPublisher: PPMN Description: Bersamaan dengan dilaksanakannya serial Training Jurnalisme Investigatif PPMN meluncurkan dua ...
Read more Zoom
Cutting Edge Radio
Book
Authors: Jim AitchisonPublisher: KBR68H dan PPMN Description: Inilah buku yang menyediakan panduan langkah demi langkah bagaimana membuat iklan ...
Read more Zoom
Learning from Each Other
Book
Authors: Ihsan Ali-FauziPublisher: Description: As well as having the largest Muslim population in the world, historically Asia is also home to a ...
Read more Zoom
Mengenal Teknik Transmisi dan Studio Siaran AM & ...
Book
Authors: Rudianta MeylialaPublisher: PPMN Description: Sudah ribuan jumlah radio siaran di Indonesia, baik bersifat komunitas, swasta komersil ...
Read more Zoom
Mengungkap Cerita di Balik Berita
Book
Authors: Lucinda S FleesonPublisher: PPMN Description: Bersamaan dengan dilaksanakannya serial Training Jurnalisme Investigatif PPMN meluncurkan dua ...
Read more Zoom
Menyelamatkan Ruang Publik, Melindungi Ruang ...
Book
Authors: Aris SantosoPublisher: PPMN Description: Pluralisme budaya pada masyarakat kita adalah keniscayaan. Narasi terbaik tentang pluralisme ...
Read more Zoom
Radio Tanggap Bencana
Book
Authors: Irawan Saptono, Happy SulistiadiPublisher: PPMN Description: Bencana selalu datang tiba-tiba, sebagaimana yang acapkali terjadi di negeri ...
Read more Zoom
SOUNDBITES Reportase Radio Jaringan
Book
Authors: MasdukiPublisher: PPMN Description: Jurnalistik radio mengalami perkembangan yang pesat seiring reformasi politik pada 1998 yang memicu ...
Read more Zoom

Like Us

Alamat

Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara
Jl. Utan Kayu Raya No. 68, Jakarta Timur, Indonesia
Tel: +(021) 859 03865, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.