Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN)

ppmn fpPPMN adalah sebuah lembaga nirlaba yang berdiri tahun 2006 untuk mengembangkan profesionalisme media dan memperluas akses informasi di Indonesia dan negara-negara lain di Asia. PPMN melakukan program-program peningkatan kapasitas media, membangun media baru di daerah-daerah terpencil, memberikan bantuan darurat untuk media di daerah-daerah bencana, memproduksi berbagai program siaran bekerjasama dengan media siar independen dan menerbitkan buku.

PPMN menawarkan cara yang efektif untuk mendukung dan mengimplementasikan program-program bantuan media dengan cara mutakhir dan strategis agar dapat menjawab kebutuhan. PPMN dikelola dengan manajemen organisasi yang mengikuti standar internasional dalam hal akuntabilitas dan transparansi program dan keuangan.


Visi

Professionalisme media dan arus informasi yang bebas dan berimbang sebagai inti dari 
masyarakat yang terbuka, demokratis dan maju.

Misi

1Mengembangkan profesionalisme media di Asia dengan meningkatkan standar jurnalisme, manajemen dan teknik, sehingga dengan demikian meningkatkan kualitas informasi dan pendidikan yang disajikan kepada publik sambil memperkuat kemampuan media independen untuk berkembang, tumbuh dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

2Meningkatkan akses informasi melintasi spektrum politik, ekonomi dan sosial, sebuah prasyarat untuk memastikan partisipasi efektif masyarakat sipil dalam persoalan publik dan keterlibatan dalam proses demokrasi.

3Memastikan arus informasi dalam situasi bencana dengan memperbaiki dan membangun kembali media serta membuat program media untuk memenuhi kebutuhan darurat bencana.

Program-Program PPMN

Pelatihan: Hingga tahun 2014, PPMN telah melatih lebih dari 2000 profesional media – manajemen, teknisi dan jurnalis – melalui pelatihan internal (in-house training), magang, program mentoring, seminar, lokakarya dan fellowship. Program-program penguatan kapasitas media ini mencakup pelatihan jurnalistik, pelatihan liputan investigasi untuk jurnalis media cetak, online dan siaran, juga lokakarya untuk staf pemasaran radio dan program mentoring untuk manajer radio. PPMN melatih tidak hanya pekerja media Indonesia tetapi juga Asia Tenggara dan Asia Selatan bekerjasama dengan tim trainer profesional yang terdiri dari berbagai bangsa.

Memperluas akses informasi: PPMN memperluas akses informasi ke daerah daerah terpencil di penjuru Nusantara melalui program pembangunan stasiun radio. Sejauh ini, program berfokus pada berbagai wilayah di Aceh dan Indonesia bagian Timur, di kabupaten Calang, kabupaten Sumba Barat, kabupaten Yahukimo, kabupaten Sarmi dan Kabupaten Paniai. PPMN bekerja bersama komunitas-komunitas di daerah-daerah yang minim arus informasi untuk membantu memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

Produksi program media: Bekerjasama dengan media-media independen di seluruh Indonesia PPMN mengelola program untuk memproduksi dan mengembangkan acara dialog (talk show), ficer, documenter televisi dan radio. Di antaranya program mingguan regional Asia Calling yang disiarkan di 12 negara Asia Pacific dan talk show Pilar Demokrasi serta Agama dan Masyarakat bekerjasama dengan KBR68H dan Tempo TV. Serta talk show bertema layanan publik di bidang kesehatan bersama radio-radio lokal di Papua.

Bantuan darurat: PPMN menyediakan bantuan darurat untuk media-media yang terkena dampak bencana alam guna memfasilitasi penyebarluasan informasi di saat terjadi krisis.

Penerbitan buku: PPMN mengelola penerbitan khusus untuk buku-buku tentang jurnalisme dan media baik karya orisinal maupun terjemahan.

Penghargaan: Pada tahun 2008, PPMN meluncurkan penghargaan tahunan pertama untuk memberikan apresiasi atas karya-karya jurnalisme radio yang berkualitas. Mulai 2009, PPMN memperluas penghargaan juga untuk dunia periklanan radio dengan menyelenggarakan program tahunan Indonesian Radio Awards bekerjasama dengan berbagai pihak di Indonesia dan internasional untuk meningkatkan profil dan prestise profesi dunia radio.

Buku & Bulletin

10 Langkah Peliputan Investigatif
Book
Authors: Lucinda S FleesonPublisher: PPMN Description: Bersamaan dengan dilaksanakannya serial Training Jurnalisme Investigatif PPMN meluncurkan dua ...
Read more Zoom
Cutting Edge Radio
Book
Authors: Jim AitchisonPublisher: KBR68H dan PPMN Description: Inilah buku yang menyediakan panduan langkah demi langkah bagaimana membuat iklan ...
Read more Zoom
Learning from Each Other
Book
Authors: Ihsan Ali-FauziPublisher: Description: As well as having the largest Muslim population in the world, historically Asia is also home to a ...
Read more Zoom
Mengenal Teknik Transmisi dan Studio Siaran AM & ...
Book
Authors: Rudianta MeylialaPublisher: PPMN Description: Sudah ribuan jumlah radio siaran di Indonesia, baik bersifat komunitas, swasta komersil ...
Read more Zoom
Mengungkap Cerita di Balik Berita
Book
Authors: Lucinda S FleesonPublisher: PPMN Description: Bersamaan dengan dilaksanakannya serial Training Jurnalisme Investigatif PPMN meluncurkan dua ...
Read more Zoom
Menyelamatkan Ruang Publik, Melindungi Ruang ...
Book
Authors: Aris SantosoPublisher: PPMN Description: Pluralisme budaya pada masyarakat kita adalah keniscayaan. Narasi terbaik tentang pluralisme ...
Read more Zoom
Radio Tanggap Bencana
Book
Authors: Irawan Saptono, Happy SulistiadiPublisher: PPMN Description: Bencana selalu datang tiba-tiba, sebagaimana yang acapkali terjadi di negeri ...
Read more Zoom
SOUNDBITES Reportase Radio Jaringan
Book
Authors: MasdukiPublisher: PPMN Description: Jurnalistik radio mengalami perkembangan yang pesat seiring reformasi politik pada 1998 yang memicu ...
Read more Zoom

Like Us

Alamat

Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara
Jl. Utan Kayu Raya No. 68, Jakarta Timur, Indonesia
Tel: +(021) 859 03865, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.